Cari Disini

Senin, 13 Mei 2013

Love Addicted With Agatha Christie


Kalo’ ada yang nanya, novel apa yang gue suka, pasti gue nggak akan ragu buat jawab “novel-novelnya Agatha Christie” ! Secara ya, tuh novelnya keren-keren banget. Bikin penasaran, geregetan, pokoknya menggigiiiiiiitttt banget ! Sumpah, gue nggak akan nolak kalo’ dikasih novelnya berjudul apapun. Lumayan lah, buat melengkapi koleksi. Hehe.
Pertama kali gue tau Agatha Christie tuh pas SD. Cuma sekedar tau alias denger namanya lho ya. Samar-samar pula. Pokoknya gue tau dia itu pengarang Inggris. Ngarang apaan gue nggak tau. Agak gedean dikit, waktu gue SMP dan masih suka baca majalah semi-ABG, gue liat ada ulasan soal buku-buku terlaris sepanjang masa. Nah, salah satunya tuh novel Oma Agatha Christie yang berjudul And Then There Where None (Lalu Semuanya Lenyap). Gue jadi pengen nyari itu buku. Penasaran. Abisnya, udah kejual sampe’ ratusan ribu kopi gitu, trus diterjemahin ke berbagai bahasa. Kesannya legendaris abis.
Pas SMA, temen gue—si Rida bawa salah satu novel Oma Agatha ke sekolah (waktu itu masih cover lama). Karena gue hobi baca novel, gue pun iseng-iseng pinjem ke Rida. Begitu baca sinopsisnya, gue langsung tertarik. Ini kisah pembunuhan bo ! Biasanya yang gue baca itu roman picisan semua, yang ini misteri dan detektif. Dua hal yang gue suka. Banget. Sejak itu, gue kalo’ ke toko buku selalu nyari novelnya Oma Agatha. Sayang, pas tahun-tahun itu, novel Oma udah bisa dibilang jadul banget. Beruntung, begitu gue kuliah dan punya uang saku berlebihan, novel-novel Oma Agatha pun diterbitin lagi.
This is it, my first novel of Agatha Christie, when I bought in 2010…
Saking addictednya gue sama novel-novel Agatha Christie, tiap ke toko buku bareng temen, do’i pasti langsung bilang, “Tuh novel lo !”, seolah-olah gue yang nulis novel-novel itu. Sampe’ temen-temen sekelas gue yang hafal banget kebiasaan gue baca tuh novel kriminal, tiap abis dari toko buku, mereka mesti ngasih laporan, “Novel lo banyak yang baru tuh. Buruan beli !”. Iya, mereka emang seneng banget ngomporin gue buat beli, nggak ada yang inisiatif mau ngebeliin, apalagi pinjem ke gue buat baca. Menurut mereka, novel Oma Agatha itu terlalu berat, ngebosenin, dan bikin ngantuk. Dan mereka setuju kalo’ Sherlock Holmes karya Opa Sir A.C. Doyle lebih greget buat dibaca. Tapi menurut gue enggak. Gue justru ngantuk banget baca Sherlock Holmes. Nggak tau karena gue udah kadung jatuh cinta sama Oom Poirot dan Eyang Marple, atau karena gue emang nggak suka Sherlock (maap-maap banget nih Opa Doyle). Dua novel Sherlock Holmes gue nganggur nggak kebaca dan sekarang entah ada di belahan dunia mana.
Sampe’ sekarang gue masih nunggu novel pertama Oma Agatha yang Mystery at Styles (Pembunuhan di Styles) sama karya terakhir dimana Oom Poirot meninggal—Curtain (Tirai). Ada yang mau beliin buat gue ? ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar